Atasi Plak Gigi dengan Kandungan Siwak pada Bidhara Natural Tooth Paste

Memiliki tampilan gigi yang putih dan bersih pastinya menjadi dambaan setiap orang bukan? Tentunya gigi putih dan bersih dapat membuat setiap orang menjadi lebih percaya diri saat tersenyum. Namun, pertumbuhan plak pada gigi sangat mudah terjadi seperti setelah mengkonsumsi makanan. Oleh karena itu, kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga dan dirawat secara berkala agar tetap sehat dan terawat.

Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam merawat gigi adalah dengan cara menyikat gigi. Penggunaan pasta gigi dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan pertumbuhan plak. Namun, pemilihan pasta gigi tidak boleh sembarang loh! Pada umumnya formulasi pasta gigi terdiri dari bahan aktif, dan bahan tambahan.

Bahan aktif kimia yang sering digunakan adalah fluoride, penggunaan fluoride dengan kadar berlebih dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan flourosis email serta tidak dapat membunuh bakteri secara efektif (Riani, 2020) Sehingga diperlukan bahan aktif antibakteri yang efektif dan aman untuk digunakan.

Bidhara Natural Tooth Paste dari D’Holistic Care bisa menjadi produk andalanmu. Pasta gigi yang mengandung bahan herbal seperti ekstrak bidara, zaitun dan siwak ini dapat membantumu dalam mengatasi plak pada gigi dan beberapa masalah lainnya. 

Penambahan herbal pada pasta gigi dapat menghambat pertumbuhan plak, karena beberapa jenis herbal memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan mikroba. Bahan antimikroba seperti pada siwak berperan sebagai bahan aktif dan mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab terbentuknya plak (Sijabat, 2015).

Bidhara Natural Tooth Paste merupakan pasta gigi yang membantu menyegarkan mulut, menjaga kesehatan dan kebersihan area mulut. Dilengkapi bahan aktif Natural, seperti Bidhara Extract, Olive Oil, dan Siwak Extract menjadikan nafas terasa segar dan bersih.

Selain membersihkan gigi, gusi dan mulut, Bidhara Natural Tooth Paste sangat baik untuk menghilangkan plak, menguatkan gigi, mencegah karies gigi, menyegarkan mulut dan memutihkan gigi. Siwak yang terkandung di dalamnya, dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang, memelihara gusi, siwak juga berfungsi mengikis dan membersihkan bagain dalam mulut.

Bidhara Natural Tooth Paste memiliki kandungan siwak yang bermanfaat untuk gigi dan mulut. Siwak merupakan tumbuhan berfamili Salvadoraceae yang biasa digunakan untuk membersihkan gigi. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa siwak memiliki daya antibakteri serta dapat menghambat pembentukan plak. Dilansir dari Alodokter.com berikut manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut, diantaranya:

1. Mencegah gigi berlubang dan merawat kekuatan gigi
Siwak dipercaya dapat mencegah gigi berlubang. Manfaat ini bisa diperoleh berkat essential oil yang terkandung di dalam siwak. Selain itu, siwak juga bisa menghambat pengeroposan gigi, sehingga turut menjaga kekuatan gigi.

2. Mencegah bau mulut dan menyegarkan napas
Selain mencegah gigi berlubang, bersiwak juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Ini karena batang atau ranting siwak mengandung zat antibakteri alami yang dapat menghambat pertumbuhan kuman penyebab bau mulut. 

3. Mencegah terbentuknya plak gigi
Plak gigi dapat dengan mudah terbentuk bila anda malas menyikat gigi setelah makan. Sisa makanan yang masih menempel di permukaan dan sela-sela gigi akan menumpuk dan membentuk plak. Plak dapat diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat merusak gigi. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa membersihkan gigi dengan siwak. Kandungan silika dalam siwak mampu mencegah pembentukan plak gigi. Bukan hanya itu, silika dalam siwak juga efektif untuk menghilangkan noda kuning di gigi.

4. Melindungi gusi
Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari rutin membersihkan gigi dengan siwak adalah melindungi gusi. Pasalnya, siwak mampu mencegah pembentukan plak dan pertumbuhan bakteri di antara sela gigi dan gusi sehingga mengurangi risiko terjadinya radang gusi (gingivitis).

Ada banyak kandungan alami di dalam siwak yang diyakini mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut, di antaranya alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride. Di samping itu, siwak juga mengandung bahan alami lain, seperti vitamin C, kalsium, sulfur, essential oil, dan tannin.

Penelitian Baremti (2014) melaporkan bahwa menyikat gigi menggunakan siwak dapat menurunkan skor plak lebih besar secara bermakna dibanding dengan menggunakan pasta dasar. Adapun penurunan skor plak setelah menyikat gigi menggunakan siwak dibandingkan dengan pasta gigi siwak tidak berbeda secara bermakna. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kandungan siwak dalam pasta gigi memiliki manfaat yang tidak berbeda jauh dengan siwak, serta pasta gigi yang mengandung siwak dapat membersihkan plak gigi lebih baik dibanding pasta gigi biasa.

Selain mengandung siwak, Bidhara Natural tooth paste pun mengandung ekstrak bidara dan zaitun. Ekstrak bidara memiliki banyak manfaat bagi tubuh diantaranya ekstrak bidara dapat bermanfaat untuk menguatkan gigi dan menyehatkan mulut. Sedangkan zaitun memiliki manfaat yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi.

Bidhara Natural Tooth Paste mengandung bahan bahan herbal yang aman dan halal, selain itu, Bidhara Natural tooth paste memiliki harga yang terjangkau sehingga sayang untuk kamu lewatkan!

Tunggu apalagi, gunakan Bidhara Natural tooth paste untuk dapatkan tampilan gigi putih, bersih, sehat dan bebas plak serta menjadikan nafas terasa segar.


Daftar Pustaka :

  • Marianti. Mengenal Siwak dan Manfaatnya bagi Kesehatan Gigi dan mulut. https://www.alodokter.com/mengenal-siwak-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-gigi-dan-mulut/
  • Baremti, I., RS, I. S., Ula, N., & Isa, M. (2014). Efektifitas Siwak (Salvadora persica) dan pasta gigi siwak terhadap akumulasi plak gigi pada anak-anak. Dental Journal, 47(3), 155–156.
  • Riani, M., Darusman, F., & Suparman, A. (2020). Formulasi Sediaan Pasta Gigi dari Ekstrak Daun Bidara Arab (Ziziphus spina-christi L.). Prosiding Farmasi, 6(2).
  • Sijabat, E. A., Posangi, J., & Juliatari. (2015). Perbandingan Efektivitas Pasta Gigi yang Mengandung Siwak dengan Pasta Gigi tanpa Siwak pada Pasien Pasca Skeling. Jurnal E-Gigi, 3(2).

Penulis:

Rahma Rismayanti R
Product Manager D’Holistic Care

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *