Yuk! Cegah Tanda Penuaan Dini Dengan Bidhara Skin Brightening Serum

Apakah anda memiliki permasalahan kulit yang kusam? Atau warna kulit yang tidak merata? Tentunya hal tersebut membuat tampilan menjadi kurang percaya diri dan terlihat kurang sehat ya ladies.

Sekarang, berbagai macam produk skincare telah beredar banyak di pasaran yang dapat menjadi pilihan bagi anda dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tetapi, sebelum membeli ada baiknya kamu pastikan terlebih dahulu bahwa produk yang akan dibeli tidak mengandung bahaya yang dapat menyebabkan efek samping dikemudian hari.

Melihat isu permasalahan di atas, salah satu produk yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Bidhara Skin Brightening Serum dari D’Holistic Care. Bidhara Skin Brightening Serum memiliki formulasi bahan yang aman serta telah memiliki sertifikat yang halal. Selain itu, serum ini berfungsi melawan tanda-tanda penuaan kulit, seperti mengurangi kerutan dan garis – garis halus pada wajah.

Menurut fatmawati dalam kurniawati (2018), serum merupakan sediaan kosmetik dengan viskositas rendah, karena viskositasnya yang rendah, serum dikatakan sebagai sediaan emulsi. Kelebihan serum ialah memiliki konsentrasi bahan aktif tinggi sehingga efeknya lebih cepat diserap kulit, dapat memberikan efek yang lebih nyaman dan lebih mudah menyebar dipermukaan kulit karena viskositasnya yang tidak terlalu tinggi.

Berdasarkan ketertarikan masyarakat tentang perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini, dibutuhkan skincare dari bahan alam yang mengandung bahan aktif seperti antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Salah satu bahan alam yang mengandung antioksidan ialah bidhara extract dari tanaman bidhara. Bidhara Extract yang dihasilkan memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena banyak mengandung senyawa fenolat dan flavonoid yang memiliki aktivitas antioksidan. Sebuah penelitian diperoleh kadar flavonoid dari ekstrak etanol daun bidara (Ziziphus spina-christi L) sebesar 1,5321% dan memiliki aktivitas antioksidan kuat dengan nilai IC50 sebesar 90,9584 ppm.

Penelitian yang dilakukan oleh solihin (2019) mengenai penggunaan ekstrak bidara dalam masker gel peel off melaporkan dengan formulasi tertentu, produk yang dihasilkan dari ekstrak bidara tidak menyebabkan iritasi pada kulit dan telah diuji pada 12 sukarelawan dengan cara mengoleskan produk pada telinga bagian belakang selama 30 menit.

Bidhara Skin Brightening Serum merupakan serum perawatan kulit wajah dengan kandungan Alpha-arbutin, Niacinamide, dan Tranexamic Acid sebagai Lightening yang dapat membantu merawat kulit agar tampak lebih cerah. Dilengkapi dengan Bidhara extract, olive oil, biosaccharide gum, dan aloe vera sebagai moisturizer untuk membantu menjaga kelembabab kulit sehingga tampak sehat berseri.

Alpha-arbutin
Dilansir dari hallosehat.com alpha-arbutin memiliki beberapa manfaat untuk wajah diantaranya:
1. Mencerahkan wajah tanpa menyebabkan kulit iritasi
Salah satu manfaat alpha arbutin yang paling terkenal adalah membuat kulit wajah terlihat lebih cerah. Manfaat ini berasal dari suatu agen yang dapat memperlambat produksi tirosinase. Tirosinase adalah enzim yang terdapat dalam melanosit. Melanosit merupakan sel-sel yang memproduksi melanin, yakni pigmen yang berperan dalam menentukan warna kulit Anda. Semakin banyak jumlah melanin, semakin gelap warna kulit.

Produksi tirosinase bisa meningkat bila kulit terpapar sinar ultraviolet dari matahari. Apabila produksi tirosinase meningkat, jumlah melanin pun akan bertambah banyak. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit terlihat kusam dan bertambah gelap. Karena zat ini memperlambat produksi tirosinase, melanin yang dihasilkan pun menjadi lebih sedikit. Kulit yang kusam pun terlihat lebih cerah.

Tidak seperti hydroquinone yang membunuh langsung melanosit, alpha arbutin hanya akan memperlambat produksi melanin. Itu sebabnya Anda dapat merasakan manfaat zat ini tanpa mengalami efek samping seperti kulit kering atau iritasi.

2. Mengurangi hiperpigmentasi dan flek hitam
Hiperpigmentasi adalah kondisi ketika kulit memproduksi melanin secara berlebihan sehingga timbul noda atau flek-flek hitam. Kondisi ini sangat umum ditemukan pada kulit wajah orang-orang beretnis Asia dibandingkan dengan etnis-etnis lainnya.

Berdasarkan sebuah studi dalam Journal of Investigative Dermatology, penggunaan alpha arbutin selama 12 minggu menunjukkan perubahan yang drastis pada kulit. Flek hitam memudar serta tampilan kulit pun terlihat lebih cerah dan merata. Dengan rutin menggunakannya pada kulit wajah setiap hari, Anda akan melihat sendiri manfaat dari alpha arbutin pada warna kulit Anda.

3. Memudarkan bekas jerawat
Sering kali jerawat yang sudah kempis meninggalkan bekas berwarna hitam atau kecokelatan pada kulit. Hal ini tentunya cukup mengganggu dan dapat memengaruhi kepercayaan diri Anda. Manfaat lain dari zat ini adalah dapat membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cara kerjanya pun serupa dengan memudarkan flek hitam yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari, yaitu dengan menghambat produksi melanin berlebih pada kulit.

Zat ini merupakan bahan aktif yang umum ditemukan dalam produk pencerah kulit. Senyawa ini bekerja dengan menghambat produksi melanin sehingga kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. Sebagai bahan aktif, alpha arbutin tergolong aman dengan risiko iritasi yang lebih kecil dari zat pendahulunya, yakni hydroquinone. Bahan ini juga dapat digunakan bersama pencerah kulit lain seperti niacinamide dan kojic acid.

Niacinamide
Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3. Niacinamide kini sangat mudah ditemukan pada berbagai jenis skin care. Pasalnya, selain banyak digandrungi nicinamide memiliki banyak manfaat, di antaranya:
1. Melembabkan kulit
2. Mengatasi jerawat
3. Mengatasi noda hitam

Tranexamic acid
Permasalahan kulit yang dekat dengan wanita Asia adalah kulit yang kusam dan tidak cerah. Oleh karena itu, banyak produk perawatan kulit menjanjikan hasil kulit yang lebih cerah. Tranexamic acid hadir untuk memenuhi kebutuhan akan kulit cerah tersebut.

Bidhara extract
Seperti pada Bidhara Care Brightening Toner, Bidhara care skin brightening serum memiliki kandungan ekstrak bidara yang memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit, diantaranya sebagai:
1. Anti-bakteri
2. Anti-penuaan
3. Peremajaan kulit
4. Anti inflamasi
5. Melembabkan kulit

Selain kandungan yang telah dipaparkan, Bidhara Skin Brightening Serum memiliki kandungan olive oil, biosaccharide gum, dan aloe vera sebagai moisturizer untuk membantu menjaga kelembabab kulit sehingga tampak sehingga kulit tampak sehat berseri.

Untuk mendapatkan tampilan kulit wajah yang sehat dan cerah maksimal, gunakan rangkaian kosmetik dari D’Holistic Care lainnya seperti Bidhara Brightening Toner, Bidhara Facial Wash, Bidhara Brighthening Day Cream dan Bidara Brightening Night Cream

D’Holistic Care menghadirkan keajaiban Daun Bidhara sebagai solusi kecantikan kelas premium yang aman dan halal untuk Anda. Bahan rempah Daun Bidhara kualitas sempurna dari Kebun Qur’an Botanical Qura’nic Healing, Bandung. Sebuah perpaduan indah antara kecanggihan teknologi di bidang kecantikan dengan kedahsyatan dari Quantum Energy yang disediakan oleh Daun Bidhara.

Jadikan Cantikmu Penuh Berkah, Meraih Jannah dengan Sunnah


Daftar Pustaka :

  • Kurniawati, Azizah Yunita. 2018. Karakteristik Sediaan Serum Wajah dengan Variasi Konsentrasi Sari Rimpang Temu Giring (Curcuma heyneana) Terfermentasi Lactobacilus bulgaricus. Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.
  • Solin, Hanifah. 2019. Formulasi Sediaan Masker Gek Peel Off dari Ekstrak Daun Bidara. Program Studi D3 Farmasi. Fakultas Farmasi dan Kesehatan. Institut Kesehatan Helvetia Medan.
  • Na’imah Shylma. 2020. Mengenal Alpha Arbutin, Bahan Andalan untuk Produk Perawatan Kulit. Diambil dari https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/alpha-arbutin-untuk-kulit/%3famp. Diakses pada 10 desember 2020.

Penulis:

Rahma Rismayanti R
Product Manager D’Holistic Care

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *