Ketahui Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya Dengan Bio Tanamu

Mimisan adalah hal umum yang terjadi dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Mimisan sering terjadi pada anak-anak dan angka kejadian menurun setelah pubertas. Umumnya, mimisan juga terjadi pada lansia, wanita hamil, penderita kelainan darah, dan orang yang mengonsumsi obat pengencer darah. Meskipun mimisan bukan kondisi berbahaya, namun harus tetap waspada, karena mimisan bisa menjadi gejala dari suatu penyakit tertentu. 

Mimisan atau epistaksis adalah perdarahan yang keluar dari satu atau kedua lubang hidung. Penyebab mimisan pada anak-anak umumnya dikarenakan keringnya mukosa hidung dan rapuhnya pembuluh darah di septum anterior yang disebabkan oleh trauma (seperti mengorek hidung) atau adanya benda asing. Mimisan juga bisa terjadi karena kelainan seperti infeksi pada saluran pernapasan bagian atas atau radang (rhinitis alergi).

Penyebab Mimisan

Mimisan dapat disebabkan beberapa hal, seperti kebiasaan mengorek hidung, udara yang kering, sering bersin, alergi, membuang ingus terlalu kencang, flu, atau cedera pada hidung yang menyebabkan terjadinya perdarahan. 

Mimisan dibagi menjadi dua, yaitu mimisan anterior dan mimisan posterior. Mimisan anterior keluar dari pembuluh darah di bagian depan hidung. Sedangkan mimisan posterior dari bagian belakang hidung. Mimisan yang berasal dari pembuluh darah bagian belakang dapat disebabkan oleh hal-hal yang lebih serius dan merupakan gejala dari penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi, kekurangan kalsium, hemofilia, tumor, dan lainnya.

Cara Mengatasi Mimisan

Langkah yang tepat ketika menglami mimisan ialah :

  1. Duduk tegak untuk mengurngi tekanan pembuluh darah dalam hidung.
  2. Condongkan tubuh ke depan. Jangan mendongakkan kepala untuk mencegah darah masuk ke tenggorokkan.. Darah yang tertelan dapat menyebabkan mual dan muntah.
  3. Tekan rongga hidung sekitar 10-15 menit, dan bernapas melalui mulut
  4. Teteskan secukupnya sekitar 3-4 tetes Bio Tanamu Healing Essential Oil ke kapas, gulung kapas dan tempelkan atau sumbatkan ke lubang hidung yang mengalami mimisan

Namun, jika mimisan berulang dan berlangsung lebih dari 20 menit, disebabkan cedera atau ditandai dengan gejala anemia seperti kulit pucat, lesu dan jantung berdebar, segera periksakan ke dokter. Kondisi tersebut dapat menjadi tanda mimisan posterior dan memerlukan penanganan lebih lanjut.

Mengapa Harus Bio Tanamu Healing Essential Oil ?

Bio Tanamu Healing Essential Oil dapat menjadi alternatif meredakan mimisan karena kandungn ekstrak daun sirih didalamnya. Daun sirih merupakan suatu tanaman yang sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional, untuk mengatasi bau badan dan mulut, mimisan, gatal-gatal serta sebagai antibakteri. 

Senyawa kimia yang terdapat pada daun sirih, diantaranya alkaloid, flavonoid, tannin, saponin, steroid/triterpenoid dan minyak atsiri (Prasetya, 2009). Senyawa metabolit sekunder alkaloid, tannin, flavonoid, dan steroid/triterpenoid dapat memberikan aktivitas antioksidan. Minyak atsirinya pada daun sirih antara lain mengandung kavikol dan kavibetol yang merupakan turunan dari fenol yang mempunyai daya antibakteri lima kali lipat dari fenol biasa. 

Daun sirih memiliki sifat styptic (menahan pendarahan), vulnerary (menyembuhkan luka), sthomachic (obat saluran pencernaan), menguatkan gigi, dan membersihkan tenggorokan sehingga masyarakat sering memanfaatkan tanaman sirih sebagai obat antiseptik. Hal ini dikarenakan, didalam kandungan kimia tanaman sirih terdapat beberapa senyawa yang dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik diantaranya senyawa karvakol bersifat sebagai desinfektan dan anti jamur sehingga bisa digunakan sebagai antiseptik. 

Meskipun demikian, banyak orang yang merasa bahwa daun sirih bukan pilihan yang paling tepat untuk menangani mimisan. Hal ini dikarenakan, pada saat mimisan penanganan cenderung harus dilakukan dengan cepat. Sehingga, kebersihan daun sirih yang dipetik sering diabaikan. Selain itu ujung daun sirih yang runcing berpotensi melukai area hidung. 

Dengan memperhatikan kandungan ekstrak daun sirih yang memberikan banyak manfaat terutama dalam menangani mimisan, D’Holistic Care mengemas ekstrak daun sirih dengan 100% rempah-rempah kualitas tinggi yang datang dari lokasi terbaik dengan usia tanam yang sempurna dalam kemasan praktis Bio Tanamu Essenstial Oil. Sebuah perpaduan mengagumkan dari kayu, akar, daun, dan kulit yang diekstrak dengan cara paling tepat sehingga menghasilkan senyawa fitokimia yang melimpah untuk merawat kesehatan. Tidak ada lagi kekhawatiran akan kehigienisan bahan alami, dikarenakan diproses dengan kecanggihan teknologi yang memperhatikan standar proses dan kualitas yang terjaga. 

Bio Tanamu,

Family Care Healing Essential Oil.


Daftar Pustaka :

  • Maylinda Andi, Baiq. (2020). Sirih (Piper betle Linn.) dan Sirih Merah (Piper crocatum). Mataram: Program Studi DIII Farmasi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Prasetya, Yudha. (2009). Uji Ekstrak Etanol Daun Sirih (Piper betle L.) terhadap Penurunan Kadar Asam Urat Darah pada Tikus Putih Jantan yang diinduksi Kafeina. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah.

Penulis:

Rahma Rismayanti R
Product Manager D’Holistic Care

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *