Khasiat Bidara untuk Kulit Sehat dan Bebas Jerawat

Masalah kulit yang tampak kusam dan berjerawat membuat kita tidak percaya diri dan akan mengganggu aktifitas. Ternyata, terdapat beberapa penyebab permasalahan kulit yang belum kita sadari. Diantaranya, yaitu kesalahan dalam perawatan kulit, paparan sinar UV dan blue light,  asupan gizi yang kurang dan infeksi bakteri penyebab jerawat/bisul. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat menggunakan antioksidan, yang bertugas menjaga kulit dari dalam dengan memperbaiki sel-sel yang rusak. Antioksidan digunakan untuk menghambat autooksidasi (reaksi berantai radikal bebas). Radikal bebas adalah partikel seperti asap, polusi, dan sinar UV yang mengoksidasi kulit, sehingga menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini. Antioksidan bekerja dengan menetralkan reaksi radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen.

Salah satu sumber antioksidan alami berasal dari tumbuhan. Tanaman bidara yang beberapa kali disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadits, banyak mengandung senyawa fenolat dan flavonoid. Senyawa tersebut kaya akan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena merupakan antioksidan, antiinflamasi, antimikroba  dan  mencegah tumbuhnya bakteri.

Bidara (Ziziphus spina-christi L) merupakan pohon berduri yang tahan terhadap panas dan kekeringan. Memiliki akar tunggang yang kuat dengan tinggi pohon bisa mencapai 20 m dan diameter 60 cm. Tanaman bidara disebutkan dalam Al-Qur’an, salah satunya dalam Q.S Saba (34) ayat 16 yang berbunyi: “Tetapi mereka berpaling, Maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr (bidara).”

Sementara hadits yang menjelaskan tentang penggunaan daun bidara, dari Aisyah radiallahu anha bahwasanya Asma bertanya kepada Rasulullah SAW tentang mandi wajib haid. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah salah seorang dari kalian mengambil air dan daun bidara, lalu engkau bersuci, lalu membaguskan bersucinya”(H.R Bukhari dan Muslim).

Daun bidara merupakan tanaman istimewa yang dianjurkan digunakan untuk mandi wajib, mandi haid, mandi ketika baru masuk Islam, bahkan untuk memandikan jenazah. Seluruh bagian dari tanaman bidara terbukti memiliki khasiat yang luar biasa. Orang Arab dan Badui menggunakan pasta dari akar daun bidara untuk pengobatan gusi dan rebusan dari daunnya untuk mengatasi rambut rontok. Orang Badui mengggunakan teh dari buahnya untuk meningkatkan produksi ASI dan untuk mengobati hati. Dalam pengobatan tradisional Iran, bagian daunnya digunakan sebagai obat sakit perut, emolien (pencegah kekeringan  pada kulit), antiulcer (pengikat asam lambung), desinfektan dan anti jamur. Semenatara di Sudan, ranting kayu secara eksternal digunakan untuk mengobati rematik.

Khasiat yang luar biasa besar dari tanaman bidara, tentunya tidak terlepas dari pengaruh senyawa yang ada di dalamnya. Apa sajakah kandungan senyawa dari tanaman bidara?

  1. Flavonoid
    Flavonoid memiliki kemampuan sebagai antioksidan, karena merupakan senyawa pereduksi yang dapat digunakan untuk menghambat reaksi oksidasi. Flavonoid mampu mampu mentransfer sebuah elektron kepada senyawa radikal bebas. Meskipun tubuh manusia secara alami dapat menangkal reaktivitas radikal bebas, namun jika jumlah radikal bebas berlebih, maka dibutuhkan antioksidan tambahan.
  2. Alkaloid
    Alkaloid adalah suatu golongan senyawa organik yang terbanyak ditemukan di alam. Beberapa steroid memiliki efek anabolik meliputi peningkatan massa otot, peningkatan ukuran beberapa organ internal, dan mengikat kalsium di tulang.
  3. Tanin
    Tanin merupakan senyawa aktif tumbuhan yang termasuk golongan flavonoid. Tanin memiliki aktivitas antioksidan menghambat pertumbuhan tumor
  4. Saponin
    Saponin  merupakan senyawa aktif yang dapat menimbulkan busa jika dikocok dengan air. Tanin berpotensi sebagai antimikroba yang digunakan untuk terapi infeksi atau pencegahan infeksi
  5. Steroid
    Steroid merupakan golongan lipid yang diturunkan dari senyawa jenuh yang dinamakan siklopentano perhidrofenantrena. Steroid sering digunakan sebagai terapi untuk mengatasi peradangan, asma, penyakit autoimun, dan penyakit kulit, Steroid berperan penting bagi tubuh dalam menjaga keseimbangan garam, mengendalikan metabolism dan meningkatkan fungsi organ seksual.
  6. Kuinon
    Kuinon secara khas berbentuk pigmen warna yang sangat kuat yang ditemukan pada daerah internal dari tumbuhan. Beberapa senyawa kuinon berfungsi sebagai anti-hepatitis dan anti kanker.

Tanaman bidara sangat cocok digunakan sebagai perawatan untuk mendapatkah kulit sehat, cerah dan bebas jerawat. Maka dari itu D’Holistic Care (DHC)  memanfaatkan ekstrak daun bidara sebagai pengobatan botanical base.  Produk solusi kesehatan dan kecantikan kulit yang aman dan halal. Bahan rempah daun bidara kualitas terbaik dipadukan dengan kecanggihan tekonologi di bidang kecantikan dan kedahsyatan Quantum energi daun bidara.   

Rangkaian produk ekstra bidara terdiri dari Beauty Care Dan Personal Care. Serangkain produk tersebut merupakan kesatuan optimal yang memberikan hasil maksimal untuk merawat kesehatan dan kecantikan. Beauty care terdiri dari 5 produk yaitu  Bidhara Facial wash, Bidhara Toner, Bidhara Serum, Bidhara Day Cream dan Bidara Night Cream. Sedangan personal care terdiri dari produk lengkap perawatan dari ujung rambut hingga ujung kaki.

MAKE YOUR BEAUTY FULL OF BLESSING, REACH JANNAH WITH SUNNAH.


Daftar Pustaka :

  • Adi Bintoro,.(2017).Analisis Dan Identifikasi Senyawa Saponin Dari Daun Bidara (Ziziphus Mauritania L.). Jurnal ITEKIMA. .2(1), 84-94
  • Fadillah Maryam,dkk. (2020). Isolasi Dan Karakterisasi Senyawa Steroid Dari Ekstrak Biji Mahoni (Swietenia mahagoni Jacq.) . Jurnal Fitofarmaka Indonesia. 7(2),6-11
  • Alfreds Roosevelt.(2018).Identifikasi Senyawa Kimia Daun Bidara (Ziziphus mauritiana lam) Dari Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi NTT secara Kromatografi Lapis Tipis Dan Kromatografi Kolom. Jurnal Farmasi Sandi Karsa. 4(7), 5-10

Penulis :

Rahma Rismayanti R
Product Manager D’Holistic Care

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *