Manfaat Sarang Burung Walet bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sarang burung walet tengah menjadi pembicaraan banyak orang, karena khasiatnya sebagai produk kesehatan sekaligus kecantikan. Salah satu produk potensial Indonesia ini, memiliki harga yang mahal. Namun hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi konsumen, karena dianggap sebanding dengan manfaat yang dirasakan setelah mengonsumsinya.

Sarang burung walet dikenal sebagai makanan yang lezat dan bernilai gizi tinggi. Sarang burung walet atau Edible bird’s nest adalah rajutan liur berbentuk mangkok yang berasal dari burung walet tanpa ada campuran dari bahan lain di luar tubuhnya.

 

Perdagangan internasional sarang burung walet terbanyak berasal dari spesies Collocalia fuchiphaga (sarang putih) dan Collocalia maxima (sarang hitam). Sarang burung walet diketahui memiliki kandungan protein sekitar ± 59,8%- 65,8%. Selain itu, sarang burung walet juga mengandung zat gizi lain seperti kandungan energi, protein, karbohidrat, lemak, mineral, kadar air, kalsium, fosfor, serta zat besi. Sarang burung walet terdiri dari tiga bagian yaitu, badan, serabut dan kaki. setiap bagian memiliki kadar nutrisi yang berbeda.

Di Indonesia, produksi sarang walet terbesar berasal dari provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Indonesia termasuk negara eksportir produk hewani urutan ke-12 di dunia dan menduduki urutan pertama sebagai eksportir serta produsen sarang burung walet.

Sarang burung walet sudah dikonsumsi oleh para kaisar, bangsawan dan masyarakat kelas atas Tionghoa sejak masa Dinasti Tang sampai Dinasti Sung karena khasiatnya. Akan tetapi, pada saat ini banyak masyarakat yang ingin mengkonsumsi sarang burung walet untuk memperoleh manfaat yang dikandung oleh makanan ini seperti awet muda, meningkatkan vitalitas, imunitas, promosi pertumbuhan. menyembuhkan penyakit dan lain sebagainya. Bahkan hingga sekarang,Tiongkok merupakan negara dengan konsumsi sarang burung walet terbesar di dunia.

Berbagai penelitian telah membuktikan kandungan sarang burung walet untuk kesehatan dan melindungi kecantikan kulit secara alami, bahkan dijadikan bahan dasar pembuatan kosmetik. Berikut deretan manfaat sarang burung walet yang harus kita ketahui.

1.      Antioksidan

Kandungan glikoprotein pada sarang burung walet berfungsi untuk menangkal Reactive Oxygen Spesies (ROS) H2O2, akibatnya proses peningkatan radikal bebas akan berkurang dan aktivitas antioksidan katalase akan meningkat. Bila kadar radikal bebas melampaui kemampuan tubuh untuk mengelolanya maka akan timbul kondisi stress oksidatif (oxidative stress). Stress oksidatif ini lah yang menjadi penyebab utama penyakit stroke, jantung, tekanan darah tinggi, preeklamsia, kanker dan lainnya. Untuk mencegah penyakit kronis karena radikal bebas diperlukan antioksidan, untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Manfaat lain antioksidan bagi tubuh ialah menjaga kesehatan mata, kulit dan meningkatkan sistem imun.

2.      Mempercepat proses penyembuhan luka

Kandungan utama pada sarang burung walet adalah glikoprotein, komponen karbohidrat yaitu asam sialik sebanyak 9%. Senyawa-senyawa inilah yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Asam sialik dan glukosamin juga berfungsi meningkatkan sistem imun dan merangsang pembentukan sel epitel yang baru. Maka dari itu kandungan sarang burung dapat mendukung proses repitelisasi yang dapat mempercepat proses penyembuhan dan pembentukan pembuluh darah.

3.      Hepatoprotektif

Salah satu kandungan sarang burung walet yang bisa bersifat hepatoprotekif yaitu epidermal growth factor (EGF) dan glikoprotein. Tugas kedua enzim tersebut yaitu membantu mencerna protein dalam tubuh. Kadar normal enzim ini adalah 5–40 µ/L (mikro per liter). Namun bila kadarnya meroket sebanyak 8–10 kali lipat, dicurigai terdapat gangguan fungsi hati. 

 

 

Banyaknya manfaat yang diberikan sarang burung walet untuk kesehatan dan kecantikan secara alami, menjadikannya sebagai salah satu pilihan terbaik sebagai bahan utama suplemen kesehatan Royal Gamat Liquid Sea Cucumber Extract.

D’Holistic Care berkomitmen menghadirkan produk dengan kualitas yang terjamin dan terjaga dari bahan pilihan terbaik. Ekstrak sarang burung walet dalam Royal Gamat Liquid berperan penting memulihkan metabolisme tubuh dan meregenerasi sel dengan sangat cepat. Selain itu dalam satu botol Royal Gamat Liquid kita tidak hanya akan merasakan manfaat nutrisi sarang burung walet saja karena Royal Gamat Liquid kaya akan kandungan serat nabati, kandungan kolagen yang berasal dari ekstrak gamat dan ekstrak teripang emas hingga 40%. Mengonsumsi Royal Gamat Liquid menjadi alternatif dalam merawat dan melindungi kulit agar tetap cerah dan awet muda.

 

Proteksi Royal Gamat Liquid bersifat holistic, yaitu mencegah, mengobati dan merawat, sehingga menjadikannya sebagai produk Health and Beauty Care in One Step. Dapatkan manfaat health care dan beauty care sekaligus dalam satu langkah, yaitu mengonsumsi Royal Gamat Liquid secara rutin setiap hari.

 

Boosting your healing process.

 

Boosting your beauty and young.


Daftar Pustaka :

  • Endiana Dewi, Mega.(2020). Manfaat Konsumsi Sarang Burung Walet. Jurnal Kedokteran Ibnu Nafis. 9(1), 12-16.

    Fakriah, dkk. (2019). Sosialisasi Bahaya Radikal Bebas Dan Fungsi Antioksidan Alami Bagi Kesehatan. Jurrnal Vokasi. 3(1), 1-7.


Penulis:

Rahma Rismayanti R
Product Manager D’Holistic Care

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *