Memenuhi Kebutuhan Kolagen Dengan Royal Gamat Liquid

Memiliki kulit yang sehat, cerah berseri dan tampak awet muda, merupakan impian semua orang.  Namun seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit akan semakin berkurang. Hal ini menyebabkan  timbulnya tanda-tanda penuaan seperti bintik hitam dan keriput. Tanda penuaan yang muncul lebih awal disebut dengan penuaan dini, yang dapat disebabkan karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, serta terlalu sering terpapar radiasi UV dari sinar matahari. Penyebab tersebut dapat menurunkan produksi kolagen dalam tubuh.

Kolagen adalah protein alami berbentuk serabut (fibrin) yang berperan dalam pembentukan struktur sel terbesar pada matriks ekstraseluler, yang mempertahankan bentuk jaringan. Molekul kolagen melalui proses perakitan menjadi serabut kolagen. Sehingga kolagen bertugas menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Kolagen juga merupakan komponen organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit.  Diantara dampak kurangnya kolagen bagi tubuh ialah penuaan dini, nyeri sendi, gejala penyakit sariawan yang ditandai oleh kerusakan pernbuluh darah dan struktur kulit. Menilik pentingnya kolagen bagi tubuh, maka tidak mengherankan, jika tren skincare pembentukan kolagen dapat menyita perhatian banyak orang.

Gambar 1 Perakitan molekul kolagen menjadi serat kolagen (Mescher,2011)

Lalu sebenarnya, bagaimanakah cara memenuhi kebutuhan kolagen secara efektif? Salah satu cara untuk mendorong produksi kolagen pada tubuh adalah dengan menjaga asupan makanan dan mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen.  Biota laut yang dapat djadikan sumber kolagen alternatif adalah gamat (Teripang Emas) atau dikenal juga dengan nama timun laut. Gamat sebagai hewan invertebrata memiliki potensi kolagen yang besar, karena penyusun dinding tubuhnya adalah kolagen. Gamat sudah banyak dikonsumsi karena kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor gamat terbesar di dunia. Namun, menurut data International Trade Centre (2016) disebutkan bahwa Indonesia masih impor gelatin (termasuk kolagen) dengan HS code 3503 pada tahun 2015 adalah 4.109 ton dengan nilai mencapai US $ 31.741.000. Sumber kolagen dan gelatin komersial umumnya berasal dari ayam, sapi atau babi yang perlu diwaspadai kehalalan dan keamanannya terkait dengan kasus flu burung dan penyakit sapi gila / madcow (Bovine Spongiform Encephalophaty). Hal itu menjadikan sumber kolagen dari gamat dan hasil perikanan lainnya, sebagai alternatif yang halal dan relatif aman sangat dibutuhkan masyarakat.

Penelitian yang dilakukan oleh Mega (2018) menunjukkan bahwa kolagen teripang emas memiliki asam amino hidrofobik yang tinggi, sehingga dapat menurunkan aktivitas enzim tirosinase. Pengendalian tersebut bertujuan untuk mencegah hiperpigmentasi pada kulit yang menyebabkan timbulnya flek hitam dan berpotensi terbentuk melanoma. 

Royal Gamat Liquid (Sea Cucumbers Ekstract) memanfaatkan ekstrak gamat sebagai sumber kolagen alternatif. Kandungannya terdiri dari  gamat segar 40% sehingga teksturnya lebih padat dan kenyal, tinggi serat alami nabati,  kolagen 80 % serta nutrisi sarang burung walet. Royal Gamat Liquid merupakan produk yang halal dan aman, karena berbasis botanical dan green solution. Memiliki kemampuan memulihkan metabolisme tubuh dan meregenerasi sel dengan sangat cepat.

Health and beauty care Royal Gamat Liquid in one step didapatkan dalam satu langkah saja dengan mengonsumsi Royal Gamat Liquid secara rutin setiap 3 kali sehari. Produk ini hadir membawa sejuta manfaat yang baik di konsumsi anak-anak,dewasa atau lansia.  Dikonsumsi secara tunggal tanpa obat dokter. Bisa juga penggunaannya beriringan dengan obat dokter, karena Royal Gamat Liquid dikategorikan sebagai makanan kesehatan (suplemen).

Gamat mengandung asam amino, kolagen,  lektin, omega 3, vitamin C, asam eicosapentaenat (EPA), asam docosahexaenat (DHA dan bahan aktif lainnya. Asam mino yang relatif tinggi seperti, glysine, hidroxyproline, dan hidroxylysine menunjukkan keberadaan kolagen sebagai komponen protein utama. Dan tingginya kandungan glutamic acid memberikan rasa gurih pada teripang (umami). Protein dalam gamat dapat mencapai 40%% (Oedjoe, 2017).  Fungsi vitamin C (asam askorbat) yaitu meningkatkan sintesis kolagen. Protein, kolagen, omega 3 dapat membantu menyembuhkan luka menjadi cepat kering dan menutup. Asam eicosapentaenat (EPA) dan asam docosahexaenat (DHA) relatif tinggi, menandakan kecepatan gamat memperbaiki jaringan yang rusak dan meregenerasi sel. Sedangkan senyawa lektin memiliki aktivitas anti kanker.

Bahan penting lain dalam Royal Gamat Liquid adalah serat alami nabati dan sarang burung walet. Serat alami nabati berfungsi menjaga kesehatan usus, menurunkan kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung. Sementara sarang burung walet adalah rajutan liur burung walet berbentuk mangkok yang mengandung asam amino dan protein. Sarang burung walet sudah dikonsumsi oleh masyarakat Tionghoa sejak masa Dinasti Tang sampai Dinasti Sung karena khasiatnya dalam kesehatan seperti anti-aging, imunitas serta promosi pertumbuhan.

Produk Health and Beauty Care dengan Ekstrak Gamat (Timun Laut)

D’Holistic Care berkomitmen menghadirkan produk dengan kualitas yang terjamin dan terjaga  dari bahan pilihan terbaik. Dengan formula yang begitu lengkap, Royal Gamat Liquid hadir sebagai solusi dan sahabat keluarga. 100% nature, halal dan aman bagi tubuh. Kandungan 80% kolagen pada Royal Gamat Liquid, menjadikannya sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan kolagen.  Manfaat kolagen bagi tubuh diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Elastisitas kulit
    Kolagen merupakan komponen serat utama yang termasuk kedalam jaringan pengikat. fibril kolagen membentuk suatu jaringan tidak teratur, terjalin dan amat liat. membuat kulit tampak lebih segar, kenyal, putih, dan merona serta mampu mencegah penuaan dini sehingga membantu tampil tetap segar dan awet muda.
  2. Meredakan nyeri sendi
    Studi klinis menunjukkan konsumsi 2,5-15 gram peptida kolagen terhidrolisis setiap hari aman dan efektif untuk tubuh. Hal tersebut berpengaruh terhadap densitas serabut kolagen pada sendi. Dengan mengonsumsi Royal Gamat Liquid dapat mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan
  3. Menambah massa otot
    Kolagen merupakan komponen organik pembangunan jaringan otot. Royal Gamat Liquid dapat membantu meningkatkan massa otot pada orang dengan sarkopenia, yaitu hilangnya massa otot akibat usia
  4. Meningkatkan kesehatan jantung
    Kolagen memberikan struktur ke arteri dan pembuluh darah. Kolagen yang kurang sempurna dalam pembentukannya dapat menyebabkan arteri lemah dan rapuh sehingga terjadi kerusakan pembuluh darah dan penyempitan. Hal tersebut memicu terjadinya stroke atau serangan jantung.
  5. Menyembuhkan luka
    Kolagen dapat membantu proses penyembuhan luka dengan merangsang pembentukan sel baru di area luka. Kolagen merupakan protein yang terbanyak pada matriks ekstraselular kulit, dan berfungsi untuk mengisi matriks ekstraselular. Pada proses penyembuhan luka, kolagen dibentuk sejak hari ke-3 dan akan tampak nyata jumlahnya di hari ke-7 setelah luka, dan mulai stabil dan terorganisir sekitar hari ke-14.
  6. Mengurangi selulit
    Selulit terjadi ketika tubuh tumbuh dengan cepat dan jaringan kolagen dan elastin pada kulit tidak dapat mengimbangi peregangan kulit tersebut. Sehingga, dengan mengkonsumsi suplemen kolagen dapat mengatasi selulit dengan mengembalikan keelastisan kulit

Daftar Pustaka :

  • Bayu Kumayanjati1.(2020). Teripang Sebagai Salah Satu Sumber Kolagen. Oseana, 45(1), 17-27
  • Oedjoe, M.D.R. (2017). Composition of Nutritional Content Of Sea Cucumbers (Holothuroidea) in Mania Waters, Sabu Raijua Regency, East Nusa Tenggara. J Aquac Res Development . 8(7), 1-3.
  • Mega Endiana Dewi. (2020). Manfaat Konsumsi Sarang Burung Walet. Jurnal Kedokteran Ibnu Nafis. 9(1), 12-16
  • Mega Safithri,dkk. (2018). Potensi Kolagen Teripang Emas Sebagai Inhibitor Tirosinase. JPHPI 21(2),295-303
  • Mescher, Anthony L.(2011). Histologi Dasar : Teks dan Atlas Edisi 11. Alih bahasa oleh Frans Dhany. Jakarta: EGC

Penulis :

Rahma Rismayanti R
Product Manager D’Holistic Care

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *